Judul Website

Written by Super User on . Hits: 97

Sejarah Pengadilan Agama Singaraja

Singaraja adalah Kota Istana Raja Buleleng yang dibangun/didirikan pada tanggal 30 Maret 1604 oleh I Gusti Ngurah Panji Sakti (Raja Buleleng/Bupati Buleleng yang pertama). Dinamakan Singaraja karena untuk mengenang keperwiraan sang Raja yang laksana Singa dalam pertempuran. Singaraja yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Buleleng terletak di Ujung Utara Pulau Dewata/Pulau Bali/Propinsi Bali, Kabupaten Buleleng adalah wilayah yang terluas di Propinsi Bali, dibanding kabupatenkabupaten lainnya (luas wilayah Kabupaten Buleleng satu per empat bahagian Propinsi Bali).

Propinsi Bali (dahulu) terdiri dari delapan Kabupaten yaitu :
1. Kabupaten Badung Ibu Kota Denpasar
2. Kabupaten Bangli Ibu Kota Bangli ;
3. Kabupaten Buleleng Ibu Kota Singaraja ;
4. Kabupaten Gianyar Ibu Kota Gianyar ;
5. Kabupaten Jembrana Ibu Kota Negara ;
6. Kabupaten Karangasem Ibu Kota Amlapura ;
7. Kabupaten Klungkung Ibu Kota Semarapura ;
8. Kabupaten Tabanan Ibu Kota Tabanan ;
(sekarang ditambah satu Kota Madya Denpasar)

Sebelum tahun 1977 seluruh Kabupaten dan Kota Madya di Propinsi Bali menjadi yurisdiksi Pengadilan Agama Denpasar karena satu-satunya Pengadilan Agama yang ada di Bali hanyalah Pengadilan Agama Denpasar. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1957 tentang Pembentukan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah di Luar Jawa dan Madura juncto Penetapan Menteri Agama Nomor 5 Tahun 1958, maka pada tanggal 8 Januari 1977 berdirilah Pengadilan Agama Singaraja yang diresmikan oleh Direktur Pembinaan Badan Paradilan Agama Islam yang pada saat itu dijabat oleh Bapak A. Wasit Aulawi, MA. Upacara peresmian dilaksanakan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng, sekaligus dengan pelantikan Bapak Kiyai Abdillah sebagai Ketua Pengadilan Agama Singaraja yang pertama serta diserah terimakannya dua wilayah kabupaten (Kabupaten Buleleng dan Bangli) sebagai yurisdiksi Pengadilan Agama Singaraja oleh Bapak Seato, BA. Selaku Ketua Pengadilan Agama Denpasar.

Selanjutnya dengan berdirinya Pengadilan Agama Bangli pada tahun 1985 dan dilantiknya Bapak Drs. Fajar Gunawan sebagai Ketua Pengadilan Agama Bangli yang pertama (semula Hakim Pengadilan Agama Singaraja) oleh Bapak Drs. Muhammad Djazuli, Sm.Hk. (Ketua Pengadilan Tinggi Agama Cabang Mataram yang pertama) dan sekaligus diserah terimakannya Wilayah Kabupaten Bangli oleh Bapak Drs. Masruchi Muhtar (selaku Ketua Pengadilan Agama Singaraja) kepada Bapak Drs. Fajar Gunawan.

Dengan demikian sejak tahun 1985 Pengadilan Agama Singaraja hanya mewilayahi Kabupaten Buleleng yang ber ibu kota di Singaraja.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Singaraja

Jalan Udayana No. 15 Singaraja

Telp/Fax : (0362) 22581

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Tautan Aplikasi

© 2019 Pengadilan Agama Singaraja